Rabu, 08 Februari 2012

koagulasi darah

KOAGULASI DARAH

Stadium pembekuan darah menurut teori Howell ada 3 stadium yaitu : Pembekuan Protombin, Protombin di pengaruhi ion Ca menjadi trombin, Fibrinogen dipengaruhi trombin menjadi fibrin. Dari penyidikan lebih lanjut ditemukan bermacam – macam actor koagulasi darah, bahkan pada permulaan penjedahan darah ada 2 jalan yaitu melalui sisten intrinsic dan ekstrinsik.

Macam  id=– macam koagulasi darah yaitu : Faktor I Fibrinogen, II Prothombin, IV Calcium, V Labile factor, proacceleator, ( Ac- ) globulin, Proaccelerin. VII Proconvertin, serum prothombin convertion, accelerator ( SPCA ), cothromboplastin, autoprothrombin I, VIII Antihemophilic factor, antihemophilic globulin ( AHG ), IX Plasma thromboplastin component ( PTC ) ( Christmas factor ), X Stuart – Power factor, XI Plasma thromboplastin component antecedent ( PTA ), XII Hageman factor, XIII Laki-Lorand factor ( LLF ).

Pencegahan koagulasi darah dilakukan dengan jalan

1. menghilangkan factor – factor koagulasi, cara – cara yang digunakan adalah : Menghilangkan atau menurunkan kadar ion Ca denga pemberian antikoagulan, misalnya : K-Oksalat atau Na-Sitrat. Oksalat atau sitratnya akan mengikat ion Ca menjadi Ca- oksalat atau Ca-Sitratnya yang tidak terionisir. Darah yang diberi antikoagulan ini disebut darah oksalat atau darah sitrat, yang akan membeku bila di tambah dengan ion Ca, misalnya dengan pmberian CaCl2.

2. Antikoagulan lain misalnya dengan heparin dan lain – lain.

3. Mengambil ibrinya, yaitu dengan jalan memukuli darah yang baru dikeluarkan dengan sepotong kawat atau lidi yang menyebabkan melengketnya ibrin pada kawat / lidi. Darah yang dibuat tidak membeku ini disebut bebas ibrin, dan tidak dapat membeku lagi dengan penambahan CaCl2.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Artikel Kesehatan Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template